Inilah Proses Pertumbuhan Bayi Didalam Kandungan

In Kesehatan

Mengamati pertumbuhan bayi dari bulan ke bulan merupakan hal yang sangat menyenangkan bagi ibu hamil, terutama bagi Anda calon ibu yang akan melahirkan anak pertama Anda.

Apa sih yang terjadi pada bulan demi bulan bayi dalam kandungan Anda dan mungkin masih banyak yang belum mengetahui proses terbentuknya tubuh bayi dalam kandungan dari awal hingga usia 9 bulan atau siap untuk lahir, Penasaran ?? Mari simak ulasan seperti yang di kutip dari Mother & Baby  berikut ini :

Janin dalam kandungan

Janin dalam kandungan

Bulan 1

Sel telur yang telah dibuahi oleh sperma suami Anda akan membentuk sekumpulan sel berbentuk bulatan seperti bola dan akan menempel pada dinding rahim. Kumpulan sel telur ini kemudian membentuk seperti berbentuk udang sebesar beras. Di tahap seperti ini sudah terbentuk susunan saraf pusat dan jantung.

Bulan 2

Ekor pada calon bayi Anda hilang dan bentuknya sekarang menyerupai manusia dengan kepala yang besar. Wajah mulai terbentuk , tangan serta kaki pun mulai tampak. otot-otot mulai tumbuh dan detak jantung sudah dapat terdeteksi plasenta dan tali pusat pun sudah terlihat.

Bulan 3

Jari-jari kaki dan tangan pun sudah mulai terbentuk di bulan ini. Awalnya jari-jari ini terlihat masih menyatu akan tetapi dengan cepat kemudian akan terpisah. Pada pertengahan bulan, jantung bayi Anda sudah mulai terbentuk dengan sempurna, telinga sudah terlihat dan bisa disebut sebagai janin, di akhir bulan ketiga ini seluruh organ vitalnya sudah terbentuk.

Baca Juga : Makanan Sehat Ibu Hamil

Bulan 4

Bayi Anda berkembang dengan pesatnya. Organ bagian dalam terbentuk, kuku jari dan kaki bertumbuh dan masih terlihat kurus sebab belum terdapat lapisan lemak didalam tubuhnya. Di akhir bulan rambut halus sudah tumbuh diseluruh bagian tubuhnya.

Bulan 5

Bayi Anda pun berkembang dengan sangat pesatnya. Panjangnya saat ini mecapai kira-kira 13 cm. Bayi Anda mulai memproduksi selaput putih yang melapisi seluruh kulitnya. Rambut, alis dan bulu matanya tumbuh, dan indranyapun telah berkembang. Walaupun matanya kini terpejam, calon bayi Anda dapat merasakan cahaya gelap dan terang.

Bulan 6

Siste pencernaan dan kekebalan tubuh yang dimiliki calon bayi Anda semakin matang. Bayi mulai mengeluarkan air seni ini merupakan tanda bahwa sistem pencernaannya bekerja. Bayi Anda sudah bisa mulai mengontrol gerakannya, Anda pun dapat merasakan gerakannya. Gerakan Anda dan suara ramai membuat ia tertidur.

Baca Juga : Manfaat Buah Untuk Bayi

Bulan 7

Andaikata bayi Anda lahir di bulan ini maka ia dapat bertahan hidup. Seluruh organ vitalnya sudah lengkap (kecuali paru-paru), dan dapat berfungsi dengan baik, otaknya berkembang dan sel-selnya telah matang dan tubuhnya telah terbentuk.

Bulan 8

Gerakan bayi Anda semakin terkoordinasi dan ia sudah bisa membuka dan menutup matanya. Serta dapat merasakan rasa manis dan asam, kepala bayi Anda mungkin berada dibawah di posisi siap melahirkan namun posisi ini bisa berubah sewaktu-waktu.

Bulan 9

Bayi Anda telah terbentuk dengan lengkap dan sempurna dan tentu saja saat ini bisa lahir kapan saja. Setiap minggu ia akan bertambah 225 gram. Lapisan lemak yang tebal telah terbentuk dibawah kulit dan membuatnya lebih berisi, dan memberinya cadangan energi saat dia dilahirkan nanti.

Tags: #Bayi #bumil #ibu hamil #janin #pertumbuhan bayi

author
Author: 
    Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil
    Jenis Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil
    Makanan sehat untuk ibu hamil itu apa
    Hubungan Smartphone + Media Sosial Dengan Masalah Gangguan Tidur
    Hubungan Smartphone + Media Sosial Dengan Masalah Gangguan Tidur
    Sudah tidak bisa dipungkiri kalau sebagian besar
    Tips Sederhana Mengatasi Tumit Pecah-pecah
    Tips Sederhana Mengatasi Tumit Pecah-pecah
    Masalah kaki pecah-pecah adalah masalah yang umum
    Keset Alarm Terbaru Membuat Bangun Pagi Menyenangkan
    Keset Alarm Terbaru Membuat Bangun Pagi Menyenangkan
    Keset Alarm Terbaru Membuat Bangun Pagi Menyenangkan

    Comments are closed.

    Must read×

    Top