Dampak Negatif Jika Kurang Minum Air Putih Yang Perlu Diketahui

Meski terlihat sederhana, mencukupi kebutuhan air putih setiap harinya merupakan salah satu hal yang wajib kita lakukan. Selain untuk menghilangkan rasa haus, air putih juga menyimpan berbagai macam manfaat lainnya yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.

Dari sebuah penelitian yang pernah dilakukan di Universitas Albert Einstein College of Medicine, Amerika Serikat, setidaknya tubuh kita memerlukan pasokan air putih sebanyak 6 hingga 8 gelas per hari, atau setara dengan 1,5 sampai 2 liter untuk orang dewasa.

Dampak Negatif Jika Kurang Minum Air Putih Yang Perlu Diketahui
Dampak Kurang Minum Air Putih 

Lalu, apa sajakah akibatnya bila kita kurang meminum air putih ? Berikut kami telah merangkumnya dalam 4 Dampak Negatif Jika Kurang Minum Air Putih, diantaranya adalah :

1. Mengganggu Fungsi Ginjal
Air putih yang kita konsumsi setiap harinya berfungsi untuk membantu proses peluruhan komponen pembentuk batu ginjal, yang akan dikeluarkan lewat urine kita saat kita buang air kecil. Oleh karena itu kita sangat penting menkonsumsi air putih dalam jumlah yang sesuai untuk tubuh kita.

2. Menyebabkan Halusinasi Hingga Kematian
Bahaya selanjutnya dari kurang minum air adalah timbulnya halusinasi bahkan kematian. Hal ini bisa terjadi jika dehidrasi tidak segera mendapatkan tindakan medis atau perawatan secara itensif. Para pasien yang menderita Dehidrasi biasanya akan merasakan gejala awal, seperti tenggorokan kering, badan panas, sangat haus, sakit kepala, cepat lelah, jantung berdebar, dan warna air seni yang pekat.

Baca Juga : Mengecilkan Perut Secara Alami

3. Membuat Sel-sel Otak Menjadi Tidak Aktif
Salah satu resiko yang paling besar bila seseorang kurang meminum air putih adalah mengalami Dehidrasi ( Kekurangan Cairan Tubuh ). Hal ini selanjutnya dapat menimbulkan beberapa gangguan kesehatan yang lainnya, seperti menurunnya jumlah asupan cairan dan oksigen yang menuju otak. Bila kondisi ini tidak cepat diatasi, pada akhirnya sel-sel otak dapat menjadi tidak aktif, tidak berkembang, atau bahkan mengalami penyusutan.

4. Menurunkan Konsentrasi
Menurunkan konsentrasi merupakan efek lanjutan dari dampak yang ditimbulkan pada nomor satu. Kurangya pasokan cairan pada otak lama kelamaan akan membuat beberapa fungsi otak tidak berjalan secara optimal. Salah satunya adalah fungsi Kognitif otak yang berhubungan dengan daya ingat dan konsentrasi seseorang.

Nah sangat tidak baik kan dampaknya apabila tubuh kita sampai kekurangan asupan air putih, Untuk itu cukupi lah kebutuhan air tubuh kita untuk menghindari resiko di atas. Sekian, Semoga bermanfaat.

Tags: #air putih #Kesehatan #manfaat

author
Author: 
    4 Gejala Serangan Jantung Yang Harus Anda Tahu
    4 Gejala Serangan Jantung Yang Harus Anda Tahu
    Serangan Jantung Menjadi salah satu penyakit yang
    Ini Manfaat Omega 3 Bagi Kesehatan Tubuh
    Ini Manfaat Omega 3 Bagi Kesehatan Tubuh
    Manfaat Omega 3 – Omega 3 merupakan
    Mengetahui Informasi Lengkap Penyakit Kuning
    Mengetahui Informasi Lengkap Penyakit Kuning
    Mengetahui Informasi Lengkap Penyakit Kuning. Urin berwarna kuning
    Manfaat Mangga Bagi Kecantikan dan Kesehatan
    Manfaat Mangga Bagi Kecantikan dan Kesehatan
    Siapa yang tidak mengenal buah yang satu

    Comments are closed.

    Must read×

    Top