Hubungan Smartphone + Media Sosial Dengan Masalah Gangguan Tidur

Sudah tidak bisa dipungkiri kalau sebagian besar orang di dunia ini termasuk Remaja yang paling banyak, hingga Orang Tua banyak menghabiskan waktunya untuk kegiatan di smartphone, Diantaranya seperti untuk beraktivitas di sosial media atau menghabiskan waktu berjam – jam untuk main game di smartphone.

Dikutip NDTV Ternyata kegiatan atau ketergantungan seseorang terhadap Smartphone dan sosial media bisa menyebabkan gangguan tidur.

Media sosial

Media sosial via tekno.kompas.com

Jessica C Levenson, seorang peneliti post-doktoral di University of Pittsburgh. mengungkapkan

“Ini adalah salah satu potongan pertama bukti bahwa penggunaan media sosial benar-benar dapat mempengaruhi tidur Anda”

Untuk mencapai kesimpulan ini, Jessica C Levenson dan rekan-rekannya melakukan survey terhadap 1.788 orang dewasa usia 19-32, menggunakan kuesioner untuk menentukan penggunaan media sosial dan sistem pengukuran untuk menilai gangguan tidur.

Kuesioner ditanya tentang 11 platform media sosial paling populer pada saat itu. Facebook, YouTube, Twitter, Google Plus, Instagram, snapchat, Reddit, Tumblr, Pinterest, Vine dan LinkedIn.

Hasilnya Rata-rata, para peserta menggunakan media sosial total 61 menit per hari dan mengunjungi akun berbagai media sosial 30 kali per minggu. penilaian menunjukkan bahwa hampir 30 persen dari peserta memiliki tingkat tinggi masalah gangguan tidur.

Para peserta yang dilaporkan paling sering memeriksa media sosial sepanjang minggu memiliki tiga kali kemungkinan gangguan tidur, jika dibandingkan dengan mereka yang jarang memeriksa.

Para peserta yang menghabiskan paling banyak waktu di media sosial sepanjang hari memiliki dua kali risiko gangguan tidur, bila dibandingkan dengan mereka yang menghabiskan lebih sedikit waktu di media sosial.

“Ini mungkin menunjukkan bahwa frekuensi kunjungan sosial media adalah prediktor kesulitan tidur lebih baik daripada keseluruhan waktu yang dihabiskan pada media sosial,”
, jelas “Ms Levenson

Dipublikasikan secara online dalam jurnal Preventive Medicine, penelitian menunjukkan bahwa dokter harus mempertimbangkan meminta pasien-pasien dewasa muda tentang kebiasaan sosial media ketika menilai masalah tidur.

Selain itu, orang dewasa muda yang memiliki kesulitan tidur mungkin kemudian menggunakan media sosial sebagai cara yang menyenangkan untuk melewatkan waktu ketika mereka tidak tidak bisa tidur.

Kesulitan tidur dapat menyebabkan peningkatan penggunaan media sosial, yang pada gilirannya menyebabkan lebih banyak masalah tidur, “kata penulis senior Brian A Primack, direktur Pusat Pitt untuk Penelitian Media, Teknologi dan Kesehatan.

Tags: #Kesehatan #medsos #tidur

author
Author: 
    Keset Alarm Terbaru Membuat Bangun Pagi Menyenangkan
    Keset Alarm Terbaru Membuat Bangun Pagi Menyenangkan
    Keset Alarm Terbaru Membuat Bangun Pagi Menyenangkan
    Manfaat dan Kebaikan Buah Untuk Bayi
    Manfaat dan Kebaikan Buah Untuk Bayi
    Manfaat buah untuk bayi memang sangatlah banyak.
    Kiat-kiat menghindari flu saat musim hujan
    Kiat-kiat menghindari flu saat musim hujan
    Musim hujan memang berhubungan dengan flu. Hal
    Tips Agar Tidak Mudah Lelah/Capek Saat Beraktivitas
    Tips Agar Tidak Mudah Lelah/Capek Saat Beraktivitas
    Aktivitas Anda yang padat tentu mengharuskan Anda

    Comments are closed.

    Must read×

    Top