Manfaat dan Kebaikan Buah Untuk Bayi

In Kesehatan, Manfaat

Manfaat buah untuk bayi memang sangatlah banyak. Buah menjadi makanan pendamping ASI selain sayuran yang wajib dikenalkan kepada bayi setelah berumur 6 bulan ke atas. Dengan memberikan buah kepada bayi setiap harinya, kebutuhan gizi serta juga nutrisi bayi akan tercukupi dan pastinya akan berpengaruh besar terhadap perkembangan fisik dan otak bayi Anda.

Terdapat begitu banyak jenis buah yang dapat diberikan kepada bayi Anda. Setiap jenis buah pastinya memiliki kandungan gizi maupun nutrisi yang baik bagi tubuh bayi, anak-anak maupun orang dewasa.

Manfaat buah untuk bayi

Manfaat buah untuk bayi, via fimela

Dalam memilih buah yang akan diberikan kepada Bayi Anda tentunya berbeda dengan orang dewasa. Buah yang memiliki tekstur lembut serta mudah dikunyah merupakan syarat utama buah-buahan yang diberikan kepada bayi. Jadi dengan pilihan buah yang tepat, bayi akan mudah untuk mengunyahnya.

Ada beberapa jenis buah yang cocok diberikan kepada bayi di 6 bulan usianya. Buah pepaya salah satunya. Buah yang berwarna cerah dan bertekstur lembut, pastinya akan membuat bayi penasaran. Pepaya mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B, zat besi, kalsium dan fosfor yang bermanfaat untuk pertumbuhan bayi, mencegah pertumbuhan bakteri jahat dan juga memperlancar buang air besarnya.

Melon dan semangka juga memiliki kandungan vitamin A, vitamin B komplek, vitamin C, kalsium dan mineral kalium. Manfaatnya untuk membersihkan darah dari berbagai racun yang masuk ke dalam tubuh. Kandungan minerlnya juga akan membuat kulit bayi tampak lembut dan tidak kering. Avokado atau alpukat memiliki kandungan vitamin A, vitamin E serta kandung lemak sehat yang sangat membantu pertumbuhan sel otaknya.

Karbohidrat yang ada di dalamnya juga baik untuk menghindari bayi dari kondisi malnutrisi. Pisang dengan tekstur lembutnya pasti sangat disukai bayi dan pisang juga bermafaat untuk meningkatkan kekuatan otak bayi. Buah naga merah dengan tekstur lembutnya juga memiliki manfaat bagi bayi yakni dapat membantu daya tahan dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Selain manfaatnya yang begitu beragam, buah juga dapat membantu bayi belajar mengunyah makanan ketika giginya sudah tumbuh dan di atas usia 6 bulan tentunya. Pemberian nya pun harus disesuaikan dengan usianya.

Anda bisa memberikan buah dari yang bertekstur paling lembut kemudian terus meningkat ke yang lebih padat dan padat seiring pertumbuhan usia dan giginya. Untuk mengekalinya, buah dapat dihancurkan terlebih dahulu baik menggunakan sendok ataupun dikunyahkan dahulu oleh ibunya agar bayi mudah menelannya.

Ketika pemberian buah tidak dari yang paling lembut, ditakutkan bayi dapat menelannya secara utuh dan dapat melukai tenggorokan nya. Dengan ketelitian, kehati-hatian serta memperhatikan gizi yang terkandung dalam buah, bayi akan tumbuh sehat dan cerdas. Manfaat buah untuk bayi tidak hanya akan dirasakan ketika bayi namun akan berdampak besar terhadap kehidupannya di masa depan.

Tags: #bayi sehat #manfaat buah

author
Author: 
    Keset Alarm Terbaru Membuat Bangun Pagi Menyenangkan
    Keset Alarm Terbaru Membuat Bangun Pagi Menyenangkan
    Keset Alarm Terbaru Membuat Bangun Pagi Menyenangkan
    Kiat-kiat menghindari flu saat musim hujan
    Kiat-kiat menghindari flu saat musim hujan
    Musim hujan memang berhubungan dengan flu. Hal
    Tips Agar Tidak Mudah Lelah/Capek Saat Beraktivitas
    Tips Agar Tidak Mudah Lelah/Capek Saat Beraktivitas
    Aktivitas Anda yang padat tentu mengharuskan Anda
    Jaga Jantung dan Pola Makanmu Sebelum Terlambat
    Jaga Jantung dan Pola Makanmu Sebelum Terlambat
    Jantung adalah organ yang sangat penting bagi

    Comments are closed.

    Must read×

    Top